Pages

Subscribe

Tuesday, 27 October 2015

Tafsir surat al-Baqarah: 143




 وَكَذَلِكَ جَعَلْنَاكُمْ أُمَّةً وَسَطًا لِتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ وَيَكُونَ الرَّسُولُ عَلَيْكُمْ شَهِيدًا

“dan demikian juga Kami telah menjadikan kamu (Ummat Islam) umat yang adil dan juga pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas perbuatan kamu.”
Melalui ayat itu Allah menuturkan: “Sesungguhnya Kami mengubah kiblat kalian ke Ibrahim dan Kami pilih kiblat itu untuk kalian agar Kami dapa menjadikan kalian sebagai umat pilihan, agar pada hari kiamat kelak kalian menjadi saksi atas umat-umat yang lain, karena semua umat mengakui keutamaan kalian.”
Yang dimaksud dengan kata “Wasath” disini adalah pilihan yang terbaik. Sebagaimana yang diungkapkan bahwa orang Quraisy adalah orang Arab pilihan, baik dalam nasab maupun tempat tinggal. Artinya yang terbaik. Dan sebagaimana dikatakan: “Rasulullah wasathan fi qaumihi,” yang berate beliau adalah orang yang terbaik  dan termulia nasabnya.
Misalnya lagi, kalimat Shalat Wustha, yang merupakan shalat terbaik, yaitu shalat Ashar.
Ketika Allah menjadikan ummat ini sebagai Ummatan Wasathan, maka Dia memberikan kekhususan kepadanya dengan syari’at yang paling sempurna, jalan yang paling lurus dan paham yang paling jelas.
QS. Al-Hajj: 78
Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Sa’id, bahwa Rasululllah bersabda,” Pada hari kiamat kelak, Nuh diseru dan kemudian ditanya: ‘Apakah engkau telah menyampaikan risalah? ‘Sudah’ jawab Nuh. Kemudian kaumnya diseur dan ditanya:’ apakah Nuh telah menyampaikan risalah kepada kalian? Mereka pun menjawab: ‘Tidak ada pemberi peringatan dan tidak seorangpun yang datang kepada kami. ‘Setelah itu  Nuh diseur lagi : ‘Siapakah yang dapat memberikan kesaksian untukmu? Jawab Nuh: ‘Muhammad dan Ummatnya.’ Lebih lanjut Rasulullah bersabda: ‘Demikianlah firman Allah: “Dan demikian juga Kami telah menjadikan kamu (umat Islam) umat yang adil dan pilihan. Beliau bersabda: ‘Al-wasath’ berarti adil. Lalu kalian diseru dan diminta

0 comments:

Post a Comment